Obat Eksim Kering Pada Bayi

Kulit bayi butuh perawatan agar terhindar dari gangguan kulit karena kulit bayi pada umumnya sangat sensitif. Kulit bati yang mapisannya masih tipis dan ikatan antar selnya masih lemah, lebih mudah terkena infeksi dan iritasi. Gangguan kulit yang sering diderita bayi adalah eksim. 

Obat Eksim Kering Pada Bayi
 
Dermatitis atopik (DA) atau eksim cirinya berwarna merah, bersisik, kering dan gatal. Umumnya yang terkena adalah bagian-bagian lipatan kulit seperti lekukan tangan atau belakang lutut. Namun bisa juga timbul di muka sekitar mulut dan pipi.

Gangguan ini hilang timbul, dan bisa diperparah cuaca dingin atau kering. Banyak anggapan bahwa kondisi ini disebabkan oleh air susu ibu yang terkena kulit sensitif bayi sehingga menimbulkan iritasi namun anggapan ini tidak benar. Pada bayi yang mendapat ASI, iritasi tersebut bisa timbul karena bayi alergi terhadap makanan yang dikonsumsi ibunya.

Penyebab dermatitis atopik belum diketahui secara jelas. Namun gangguan ini cenderung menurun, sehingga diperkirakan berkaitan dengan alergi. Pada kebanyakan anak, makin besar makin berkurang atau jarang keluhan ini. Tapi bagi sebagian orang akan tetap terbawa sampai dewasa.
Penanganan eksim pada bayi adalah :
  • Gunakan sabun formula lembut yang berbasis lemak ( krim) yang mempunyai efek anti gatal, anti bakterial sekaligus antoksidan dan aplikasikan pelembab secukupnya pada area kulit bayi.
  • Rajin membersihkan debu dan tungau.

0 Response to "Obat Eksim Kering Pada Bayi"

Posting Komentar